Wednesday, September 26, 2018

Asal Mula Penemuan Alat Musik Drum


Asal Mula Penemuan Alat Musik Drum



Drum adalah salah satu jenis alat musik yang tertua di dunia, Alat musik Drum telah ada pada abad 6000 Sebelum Masehi.

Dahulu penduduk Afrika menggunakan alat musik drum untuk mengiringi musik tarian adat upacara, tanda peringatan darurat, dan untuk menyemangati pasukan perang.

Namun, bentuk tampilannya tidaklah sama seperti sekarang. Drum pada awalnya hanya terdiri dari tom-tom. Tour Murah

Tetapi setelah adanya invasi bangsa Timur Tengah dan Eropa ke Afrika yang menyebabkan alat musik drum ini semakin terkenal.
Perkembangan demi perkembangan pada abad 1500 M, Bangsa Eropa mencoba untuk menaklukan bangsa amerika agar membentuk prajurit baru.

Bangsa Eropa membawa warga Afrika agar di perdagangkan.  Sehingga budaya Afrika, Eropa dan masyarakat asli Amerika saling mengenal satu sama lain.

Namun sayang, orang berkulit hitam (Afrika) dilarang memainkan alat musik orang kulit putih (Eropa). Dan karena itulah bangsa Afrika menciptakan sejenis alat musik yang bernama Drum set.

Pada abad ke 20 bangsa Amerika mulai tertarik untuk memahami alat musik drum tersebut. Lalu seiring perkembangan jaman drumpun mulai berubah bentuk hingga seperti sekarang ini (drum Akustik).

Dan pada tahun 1800-an drum dimainkan beberapa orang musisi, masing-masing memegang peran sebagai snare drum, bass drum, simbal dan lain sebagainya.
Yang bergabung di dalam kelompok musisi yang memiiliki jumlah pemain yang banyak. pada awal tahun 1890, cara bermain drumpun sudah mulai berubah.

Semenjak para musisi mulai bermain di sebuah tempat teater yang kecil, maka karena itu tidak memungkinkan bagi mereka untuk memainkan drum set lebih dari tiga orang .
Dan karna itu juga para pemain berusaha mengurangi jumlah pemainnya, contoh drummer yang sudah memainkan beberapa alat-alat perkusi.

No comments:

Post a Comment